Saturday, May 9, 2009

TK

Masih ingat kenangan saat duduk di bangku taman kanak kanak?
masih ingat nama teman baik anda di masa itu?

Mungkin sebagian dari kita udah lupa kenangan kenangan tersebut. Tapi, sebagian orang juga masih ada yang bisa mengingat dengan jelas.
kalau saya sih termasuk dalam kategori orang yang masih inget masa taman kanak kanak.
dulu, saya sekolah di TK Kristen Yusuf Jembatan 2, Jakarta Barat dan nama teman baik saya adalah Dion.
Dion adalah teman sebangku saya di TK. Dulu, saya dan Dion setiap keluar istirahat selalu kejar kejaran di lapangan serba guna. Pertemanan kami sayangnya harus berakhir. Dion pergi entah kemana...
Pikiran anak anak memang polos dan tanpa beban. Waktu itu, saya kira Dion hanya absen untuk beberapa hari karena dia sakit. Ternyata, sampai saya naik kelas, kami tidak pernah main kejar kejaran lagi. Semenjak Dion pergi tanpa kabar saya menjadi anak yang kesepian. Seandainya dulu udah ada handphone dan anak anaknya lebih gaul daripada yang sekarang, saya pasti minta nomor contact Dion. Waktu masih SD saya kurang bersosialisasi karena saya terkenal tukang berantem. Kalau ada yang macem macem sama saya urusannya pasti berakhir ga pake ngomong. Pernah suatu hari "embak" saya cerita kalau waktu TK saya adalah anak yang sangat nekat dan cukup berani (sifat yang masih melekat).

ini cerita si embak ketika hari pertama saya masuk sekolah. (ditemenin "embak")
kira kira begini si "embak" ngomong:
"Har, kamu tau nggak dulu pas hari pertama masuk sekolah? anak anak lain nangis ditinggal sama mami/susternya di kelas. Tapi kamu duduk anteng anteng ajah sambil lietin orang nangis. terus kalu berantem senjata andalan kamu tuh gigit orang" ><
Wow I'm just amazed by myself.

ok ok..balik lagi ke ceritanya si Dion.
Yang jelas, Setelah saya udah cukup gede buat mikir, kira kira si Dion masih inget ga yah sama temennya yang namanya Harianto? apakah temen baik saya itu termasuk ke dalam golongan orang yang ga bisa inget kenangan pas masih TK? Kalau seandainya Dion masih inget meskipun kita mustahil bisa ketemuan lagi, it means a lot for me!

Saya bersyukur punya ingatan yang kuat. Tapi kalu soal pelajaran yang saya anggap tidak penting tentu saja bisa dilupakan dengan cepat.

Inti dari sharing pertama saya di blog ini adalah:
banyak dari kita yang punya kenangan. Entah di mana, dengan siapa, dan kapan kejadiannya. Sebagian orang (termasuk saya) mau diingat dan menjadi bagian dari kenangan. Kadang, kita juga penasaran apakah orang yang ada sangkut pautnya dengan ingatan kita juga mengingat dengan jelas sama seperti kita mengingatnya.
Bagaimanapun, menurut saya hal yang paling menyakitkan adalah: ketika saya melihat kembali kenangan yang dibawa ke masa depan dan saya tidak menemukan diri saya di lukisan orang orang yang saya ingat dengan jelas. Saya tidak mau mempromosikan diri sendiri dan mengatakan kepada mereka kalau seharusnya saya ada di lukisan itu. Hal yang saya lakukan sekarang hanyalah diam dan menyaksikan mereka tertawa seperti saat kami pernah tertawa bersama.

Life goes on and revenge is sweet

Cupertino, CA
Sat, May 09, 2009

2 comments:

  1. Steven Haryono,

    wah2 kasus adek Hanto, crita masa lalumu sungguh menggugah hati. Haha si Dion ya, coba aja sekarang cari di Facebook, untung2 kedapetan. Tapi ya again orang yang dulu bukan berarti orang yang sekarang. Meski seorang karakter telah diterapkan sejak lahir sampai akhir, personalitas bisa berubah dengan seiringnya hidup dan melalui lingkungan sekitar.

    Haha masalah yang nekat dan berani memang benar-benar cocok sih, yang masih gw inget cuman waktu kaki masi gak bener, berani2nya aja nantang 2 ABC (American Born Chinese)..amit2 dah benar2 robocop! loL

    Mengenai kenangan, itu gw bilang tiap orang berbeda sih. Ada yang seperti gue suka share2 tentang teman2 pada zaman highschool dulu dan juga ada yang diem2 aja tapi mungkin mereka mengingat teman2nya sampai akhir. Intinya dalam kehidupan ini klo ada yang nanya, "ada gak ya?" kemungkinan itu ada soalnya memang dunia sudah makin maju dan modern, kecuali kalau anda2 sendiri menemukan atau membuat suatu "invention" baru.

    Kalau tentang ingatan, dulu gue perna ilang HP, Camera, dan USB yang ada foto2 zaman dulu..emang sedih bgt sih, tp ujung2nya gw sadar kalau semua itu masih tersimpan di dalam ingatan kita. Tapi foto itu memang penting, makanya foto sebanyak2nya lah di dalam kehidupan!...dan jgn diilangin.

    Terus kita emang ga bisa expect people tuk bisa kenang kita, karena itu cara yang terbaik so far adalah "do your best". Dengan begitu kita tidak bisa terlalu menyesal atau sedih, karena memang itulah sejauh kemampuan yang bisa kita miliki atau lakukan. Dan lagi, memang amat menyedihkan kalau saat kita telah tiada..cuma sampai beberapa tahun saja orang2 akan atau bisa mengingat kita. Ambil contoh Albert Einstein, dia dikenang selamanya karena dia melakukan suatu perbuatan yang sangat berpengaruh bagi semuanya. Karena itulah selalu berusaha untuk mencoba sesuatu yang baru dan terus mengingatkan diri sendiri bahwa kita harus melakukan suatu atau banyak perbuatan yang bisa membuat diri kita dikenang untuk selamanya. Amin.

    ReplyDelete
  2. Amin juga deh steve..thx udah komen..panjang lagi..keliatan niatnya..hehehehe

    ReplyDelete